Selasa, 27 Desember 2011

The Terminal (2004)

The Terminal (2004)

http://www.imdb.com/title/tt0362227/
[FORMAT]:…………………..[ Matroska
[iMDB RATING ]………………[ 7.1/10
[GENRE]:……………………[ Comedy | Drama | Romance
[FILE SIZE]:………………..[ 650 MB
[NO OF CDs]:………………..[ 1
[RESOLUTION]:……………….[ 1280x 704
[ASPECT RATIO]:……………..[ 16/9
[FRAME RATE]:……………….[ 23.976 fps
[LANGUAGE ]:………………..[ English
[SUBTITLES]:………………..[ English (Muxed)
[ORIGINAL RUNTIME]:………….[ 02:03:34
[RELEASE RUNTIME]:…………..[ 01:56:41 (Ending Credits Removed)
[SOURCE]:…………………..[ HDTV-720p
[iMDB RATING]:………………[ 7.1/10

The Terminal adalah film komedi-drama pada tahun 2004 yang disutradarai oleh Steven Spielberg serta dibintangi oleh Tom Hanks dan Catherine Zeta-Jones. Film ini bercerita tentang seorang pria yang terjebak di Bandara Internasional John F. Kennedy New York saat dia ditolak memasuki wilayah Amerika Serikat dan pada saat yang sama tidak bisa kembali ke negara asalnya, negara yang sedang bergejolak Krakozhia karena adanya revolusi.

Do You Know ???
Film ini terinspirasi oleh Mehran Karimi Nasseri, seseorang yang tinggal di Bandara Internasional Charles de Gaulle,  Terminal I, Paris, Prancis sejak tahun 1988 sampai 2006.  Mehran Karimi Nasseri adalah seorang pengungsi dari Iran yang terjebak di bandara karena kehilangan surat keterangan pengungsinya.
Pada September 2003, The New York Times menyebutkan bahwa Spielberg membeli hak dari cerita kehidupan Nasseri untuk dijadikan dasar dari film; dan pada September 2004 The Guardian menyebutkan Nasseri menerima ribuan dolar dari pembuatan film. Walau begitu, tidak ada satupun publikasi dari studio yang menyebutkan cerita kehidupan Nasseri dijadikan sebagai inspirasi film tersebut.

Selama 17 tahun masa tinggalnya di  Terminal 1 di Bandara Charles de Gaulle Airport, Nasseri menaruh barang bawaannya di sampingnya, dan menghabiskan waktunya dengan membaca, menulis buku hariannya, atau belajar ekonomi. Dia mendapatkan makanan dan surat kabar dari para karyawan bandara. Berlawanan dengan yang banyak dipercayai oleh orang-orang, dia tidak pernah terjebak di area transit saja namun dia bebas untuk berkeliaran kemana saja.

Steven Spielberg berkeliling dunia mencari bandara asli yang bisa mengijinkannya  melakukan syuting film secara penuh, namun tidak mendapatkannya. Lokasi syuting The Terminal dibangun dalam hangar luas di Bandara LA/Palmdale Regional. Hangarnya, adalah bagian dari komplek bangunan US Air Force Plant 42 yang dulunya dibangun untuk pesawat B-1B bomber.

Negara Krakozhia
Krakozhia adalah negara rekaan yang diciptakan untuk film ini, yang cukup mirip dengan negara Republik Soviet di dunia nyata.  Lokasi persis dari Krakozhia dijaga tetap samar di film ini, membuat penonton menduga Viktor adalah orang dari sekitaran Eropa Timur atau dari negara bekas pecahan Republik Soviet. Namun dalam salah satu adegan, sebuah peta  Krakozhia ditayangkan sekilas dalam televisi bandara sepanjang lapran berita dari konflik yang sedang terjadi.

Di dalam film, diketahui bahwa Krakozhia berbatasan dengan Rusia, bahwa bahasa Krakozhia mirip dengan bahasa Rusia, dan bahwa lagu kebangsaan Krakozhia musiknya mirip dengan lagu kebangsaan Albania. Cover paspor dari Viktor sangat mirip dengan paspor Soviet. Surat ijin mengemudinya adalah surat ijin negara Belarusia. Terlihat kata Вадзіцельскае пасведчанне (Vadzicielskaje pasviedczannie), yang artinya “surat ijin mengemudi” dalam bahasa Belarusia dan nama kota di Belarusia tercantum disana yaitu kota Homel.

Nama Krakozhia terinspirasi dari kota favorit  Spielberg yaitu Kraków di Polandia.

Ini yang saya salut dari film luar negeri, yaitu jika mereka membuat film mereka membuatnya dengan sungguh-sungguh. Apa ada yang tahu kalau ternyata lagu kebangsaan Krakozhia benar-benar sengaja diciptakan untuk mendukung film ini. Lagu tersebut diciptakan oleh komposer musik untuk film ini yaitu John Williams

Link Film:           IDFL                                                
Link Subtitle:      Subscene



2 komentar:

  1. film favorit ane gan...
    pokoknya film2 tom hanks, the best lah

    BalasHapus
  2. film mantab nih, untung nemu lagi.. makasi kk ichan

    BalasHapus

Cantumkan nickname agar saya mudah balas komentarnya!!

My Blog List

Another Templates

Search This Blog