Minggu, 28 November 2010

Catch Me If You Can_sub indo


Judul: CATCH ME IF YOU CAN
Pemain: Leonardo DiCaprio, Tom Hanks
Sutradara: Steven Spielberg
Skenario: Jeff Nathanson
Produksi: Dreamworks Picture


MENIPULAH sejak muda. Maka, Anda bisa terbang gratis keliling dunia, memenangi hati para wanita, dan menumpuk uang tak terbatas. Dengan cara ini Anda memang harus siap menanggung risiko menjadi orang yang paling dicari FBI (badan intelijen federal Amerika). Tapi bukankah itu juga satu "prestasi"? Frank W. Abagnale Jr., tokoh utama Catch Me If You Can, membuktikan sekaligus menjiwai paradoks ini.

Film garapan sutradara Steven Spielberg ini bukan berangkat dari rekaan penulis skenario atau novelis, melainkan kisah nyata yang menggegerkan agen rahasia Amerika Serikat pada 1964. Musuh yang mereka uber ke berbagai sudut dunia bukan bandit seram atau bromocorah kambuhan, melainkan ABG (anak baru gede) yang iseng lantas ketagihan. Kisah ini memang sebuah keisengan yang mahal. Tak kurang dari US$ 2,5 juta duit negara dikeruknya sejak ia berusia 16 tahun.

Spielberg menghadirkan Leonardo DiCaprio sebagai Frank sang penipu, yang berkejaran bak kucing dan tikus dengan Tom Hanks yang menjadi agen FBI Carl Hanratty—dua aktor yang tengah menjadi buah bibir di "pertempuran" Oscar. Dua-duanya menampilkan akting bermutu sebagai gangster di film yang berbeda. DiCaprio dalam Gangs of New York, Hanks di Road to Perdition. Kolaborasi aktor dua generasi dalam Catch Me If You Can sungguh pilihan yang tepat dan brilian.

Film ini bahkan bisa "mempersatukan" peminat film dari aneka genre yang berbeda. Para penggemar film kriminal bisa terpuaskan menonton trik-trik kejahatan si penipu plus kerepotan FBI mengendusnya kian kemari. Apalagi mengingat tontonan ini diangkat dari kisah nyata. Para penggemar film "santai" (untuk tidak menyebutnya komedi), meski tak bakal tertawa terbahak-bahak, lumayan bisa tersenyum lewat beberapa adegan. Juga dialog yang "ringan" dan menghibur, meski persoalan yang diambil sebetulnya cukup berat.

Sesudah dua film "serius"—Artificial Intelligent dan Minority Report— sutradara Spielberg menggali kembali sense of humour-nya lewat film ini. Mungkin ini bukan film terbaiknya, tapi salah satu yang paling menghibur. Terlepas dari soal kejar-kejaran antara si penjahat dan si penegak hukum, Spielberg juga berhasil mengangkat sisi dramatis kehidupan keluarga Frank dan Carl tanpa harus menjadi "cengeng". Pesan moralnya: cinta dan keluarga, dua hal nyata dalam hidup yang tak terbeli oleh uang.

Soal tipu-menipu identitas di layar film, Catch Me bukanlah yang pertama. Bandingkan dengan Talented Mr. Ripley yang dibintangi Matt Damon, yang juga menceritakan seseorang yang bertukar-tukar identitas. Serupa tapi tak sama dengan Catch Me, film garapan sutradara Anthony Minghella ini juga menampilkan sosok non-hero yang "disayangi" penonton. Meski film ini lebih mengarah ke sebuah thriller, toh ia tak kehilangan unsur menghiburnya.

Jika mau dibandingkan dengan DiCaprio yang sama-sama menjadi penipu, peran Damon terkesan lebih "sulit". Maklum, ia bukan sekadar orang yang lihai melompat ke identitas lain, tapi juga sosok yang "berperang" dengan dirinya sendiri karena merasa tak punya identitas asli yang layak dipertunjukkan ke publik. Ripley adalah tokoh dengan latar belakang problem psikologis mendalam yang sulit diterjemahkan ke layar kaca.

Namun, Catch Me jelas lebih berhasil sebagai film yang menghibur dalam berbagai aspek. Meski setengah jam pertama berjalan agak lambat, film ini kemudian serasa berlari seiring dengan kejar-mengejar dan tawar-menawar antara kucing dan tikus, Hanratty dan Abagnale. Akting bermutu dua bintang ini ditopang oleh setting tahun 1960-an, termasuk soundtrack yang begitu pas dengan aura film keseluruhan, yang menjadikan Catch Me sungguh layak ditonton.

Link Film: indowebster
Link Sub: via enterupload, via 4 shared
via subscene

(Notes: link subtitle akan menuju situs iklan terlebih dahulu sebelum ke enterupload, silahkan ditunggu sebentar kemudian tekan skip,,sekali-sekali klik juga iklannya untuk membantu penerjemah)

(Dari Majalah TEMPO Edisi. 01/XXXII/03 - 9 Maret 2003)

9 komentar:

  1. tolong di reupload dong subtitle indo nya, linknya dah mati tuh, klo bisa di 4shared / mediafire

    thx

    BalasHapus
  2. link 4shred sudah saya tambahkan,, silahkan download

    BalasHapus
  3. Thx Bro....
    Semangat terus buat nge-sub bro... :D

    Owh iya di tunggu armageddon nya :D

    BalasHapus
  4. Maksih buat dkungannya,,,terus kunjngi blog ini

    BalasHapus
  5. bos gw DL sub untuk Badboys 2 di subscene, tapi minta password

    katanya suruh liat disini tapi gak ada, mohon infonya thx...

    tomie

    BalasHapus
  6. ari said : bro..bisa request sub gak pengen banget subnya film LAKE MUNGO

    BalasHapus
  7. to anonim:
    lain kali baca yang teliti ya gan, paswordnya sudah saya tulis dengan jelas di link ini:
    http://ichansubmanga.blogspot.com/2010/06/sub-indo-bad-boys-2.html

    BalasHapus

Cantumkan nickname agar saya mudah balas komentarnya!!

My Blog List

Another Templates

Search This Blog